Langsung ke konten utama

cara membuat tabel

Memasukkan sebuah tabel

Pada Microsoft Word, anda dapat memasukkan sebuah tabel dengan tiga cara: memilih dari preformatted tables — lengkap dengan contoh data — atau dengan memilih banyaknya kolom dan baris yang anda inginkan. Anda dapat memasukkan sebuah tabel kedalam sebuah dokumen, atau memasukkan sebuah tabel kedalam sebuah tabel yang lain untuk membuat table yang lebih rumit.
  • Memilih dari sebuah gallery dari preformatted table templates.
  • Menggunakan Table menu untuk menentukan banyaknya kolom dan baris.
  • Menggunakan kotak dialog Insert Table.
Menggunakan Table templates

Anda dapat menggunakan table templates untuk memasukkan sebuah tabel berdasar pada sebuah gallery dari preformatted tables. Table templates berisi contoh data yang membantu anda untuk menampilkan tabel ketika anda menambahkan data didalamnya.
  1. Klik dilokasi anda ingin memasukkan sebuah tabel.
  2. Pada tab Insert, pada group Tables, klik Table, arahkan ke Quick Tables, lalu klik template yang anda inginkan.
  3. Gantikan data pada template dengan data yang anda inginkan.
Menggunakan Table menu
  1. Klik dilokasi anda ingin memasukkan sebuah table.
  2. Pada tab Insert, pada group Tables, klik Table, arahkan ke Insert Table, arahkan mouse untuk memilih banyaknya kolom dan baris yang anda inginkan.
image
Menggunakan perintah Insert Table
Anda dapat menggunakan perintah Insert Table untuk memilih table yang berisi format yang sudah disediakan sebelum anda memasukkannya ke dalam sebuah dokumen.
  1. Klik dilokasi anda ingin memasukkan sebuah table.
  2. Pada tab Insert, pada group Tables, klik Table, lalu klik Insert Table.
  3. Di bawah Table size, masukkan nomor kolom dan baris.
  4. Di bawah AutoFit behavior, pilih opsi untuk mengatur ukuran table.
clip_image002

Mengkonvert tulisan ke sebuah table

  1. Masukkan pemisah karakter— seperti koma atau tab — untuk mengindikasikan pada bagian mana anda ingin membagi tulisan kedalam kolom. Teknik ini digunakan untuk mengkonvert data yang anda miliki lalu dimasukkan ke dalam sebuah table. Tanpa perlu melakukan perintah Copy dan Paste.
  2. Pilih tulisan atau data yang ingin anda konvert.
  3. Pada tab Insert, pada group Tables, klik Table, lalu klik Convert Text to Table.
  4. Pada kotak dialog Convert Text to Table, di bawah Separate text at, klik opsi untuk pemisah karakter yang anda gunakan pada tulisan atau data anda.
Jika diperlukan, pilih opsi-opsi lainnya.

Menambahkan atau menghapus kolom atau baris

Menambahkan sebuah baris baru di atas atau di bawah
Anda dapat melakukan salah satu langkah di bawah ini:
  • Klik kanan pada sebuah cell, lalu arahkan ke Insert, lalu klik Insert Rows Above atau Insert Rows Below.
      clip_image002[5]
  • Pada tab Layout, pada group Rows & Columns, klik Insert Above atau Insert Below.
Catatan anda dapat dengan cepat untuk menambahkan sebuah baris pada akhir baris dari sebuah table, dengan menempatkan kursor pada cell terakhir, lalu tekan tombol TAB pada keyboard.

Menambahkan sebuah kolom ke kiri atau kanan
  • Klik kanan pada sebuah cell, lalu arahkan ke Insert, lalu klik Insert Columns to The Left atau Insert Columns to The Right.
      clip_image001
  • Pada tab Layout, pada group Rows & Columns, klik Insert Left atau Insert Right.
Menghapus sebuah baris
  1. Pilih baris yang ingin anda hapus.
  2. Lakukan salah satu langkah di bawah ini:
  • Klik kanan, lalu klik Delete Cells, lalu pilih Delete entire row, klik OK.
  • Pada tab Layout, pada group Rows & Columns, klik Delete, klik Delete Rows.
Menghapus sebuah kolom
  1. Pilih kolom yang ingin anda hapus.
  2. Lakukan salah satu langkah di bawah ini:
  • Klik kanan, lalu klik Delete Cells, lalu pilih Delete entire column, klik OK.
  • Pada tab Layout, pada group Rows & Columns, klik Delete, klik Delete Columns.

Memformat Table

  1. Pilih tabel anda
  2. Pada tab Design, pada group Table Styles group
  3. Pilih table style yang anda inginkan
clip_image002[7]
Untuk melihat model yang lain dari Table Styles, klik More clip_image003.

sumber : https://barrapradja.wordpress.com/2012/08/30/membuat-tabel-pada-word-2010/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bangkit Lagi!

Assalamualaikum.. akhirnya setelah lama vakum dari blog ini, sekarang kembali aktif lh.. Pengen memulai dengan hal yang baru dan menarik. Tapi apa ya.. yang akhir-akhir ini lagi hizt.. dimulai dari lagu despasito yang membara. sampai kisah dukanya awkarin. Aduh gara-gara lihat line today  pagi ini nih .... Tak banyak hal yang aku lakukan hari ini, makanya langsung inget blogku yang mulai terbengkalai..  kampus belum mulai, kerja malam part time sampai jam 11 malam nanti masih kerja.  Tadi siang kejadian hal yang seru dan nyeremin, tiba-tiba kucing masuk ke kos padahal baru saja selesai makan. Ngak tahu sebel banget rasanya sama si kucing.. hahahaa dia tak usir dari kamar ngak keluar-keluar. (ya iyalah pintu kamarnya aja ditutup..) akhirnya dengan penuh kesabaran, nunguin kucing pergi dari kos aku tiduran dikamar sambil teriak supaya kucingnya pergi.. hahaa gokil banget oke sekarang aku lagi kerja jadi operator shift 2. harusnya ada yang nemenin mas Anton ...

cara membuat grafik

Cara membuat Grafik pada tabel Ms. Excel assalamualaikum... kali ini saya akan membahas sedikit tentang ms. excel. untuk saat ini saya akan mencoba menjelaskan bagai mana membuat  grafik. Nah, cara membuat grafik   dari tabel   dibawah ini tergolong mudah. oleh karna itu, kita akan mencoba membuat grafik dari tabel tersebut. Ini bentuk tabelnya lah,, untuk langkah- langkahnya seperti ini     . pilih menu insert, kemudain di grup chat kita pilih sesuai dengan apa yang kita inginkan. Tapi, untuk kali ini kita akan membuat yang diagram batang . untuk blok tabel tersebut dari B4 sampai F8 , kemudian milih column pada grup chats. Lah kita tinggal pilih yang sesuai dengan apa yang kita inginkan. Misalnya untuk yang 3-D. klik salah satunya dan nanti hasilnya akan seperti gambar di bawah ini. 3.       untuk memberi nama judul dapat dengan pilih layout kemudian chat title Nah untuk bulan dan jumlah bis...